Process

PROSES PERBAIKAN BODY & PAINT DAN TPS LINE (EXPRESS BODY&PAINT)

TPS adalah sebuah sistem kerja yang biasa digunakan Toyota dalam memproduksi mobil-mobilnya. Bentuknya seperti line produksi pada perakitan mobil, atau lebih dikenal dengan Sistem konveyor atau ban berjalan. Nah, menariknya adalah Plaza Body Paint telah menerapkannya di Perbaikan Body dan Pengecatan. Kalau di Produksi Mobil/Pabrik terdiri dari pos-pos pemasangan/assembly, engine, chasis dan seterusnya, di Perbaikan body repair ini terdiri dari pos-pos dimulai dari menganalisa kerus
akan, melepas panel, memperbaiki body, mengecat hingga finishing.



Dengan sistem ini kegiatan body repair terintegrasi dengan baik, terkontrol waktu pengerjaan dan kualitasnya. Flow pengerjaan perbaikan, tindakan dari teknisi maupun tenaga ahli (setingkat foreman) maupun penggunaan peralatannya disusun secara sistematis, sehingga pekerjaan perbaikan lebih terpadu, efektif dan efisien. 

Dimulai dari langkah pertama yaitu booking. Pelanggan diharapkan booking terlebih dahulu. Hal ini agar Bengkel dapat memastikan kendaraan selesai sesuai janji 8 jam dan parts yang dibutuhkan dapat tersedia ketika dibutuhkan.

Setelah booking dan ditentukan kapan waktu melakukan perbaikan, mobil akan di masukan ke dalam rangkaian sistem TPS yang terdiri dari 8 pos yaitu Dis-Assembly, Panel Repair, Putty, Surfacer, Combi Booth, Drying, Polishing dan Re-Assembly. Tiap pos hanya diberi waktu perbaikan maksimal 1 jam saja. Satu TPS ini sendiri dikawal oleh 13 orang pekerja dengan standar pekerjaan sesuai pos-nya masing-masing. 

Berikut gambaran dari masing-masing posnya:

Pertama, Dis-Assembly adalah proses pelepasan panel body yang tidak dilakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan selama perbaikan. Misalnya bumper depan rusak, sebelum perbaikan head lamp grill dan bumper dilepas dari tempatnya agar tidak kotor.Baru selanjutnya masuk ke tahapan kedua Panel Repair. Ada banyak tindakan sesuai dengan kerusakan. Jika body penyok maka harus ditarik keluar dengan alat khusus. Atau bila kerusakan sudah terlalu parah akan langsung diganti panel baru.



Setelah diperbaiki dan bentuknya kembali seperti semula, proses selanjutnya adalah putty atau dempul. Plaza Body Paint punya dempul khusus dengan kualitas baik dan standar pengerjaan yang ketat. Dempul yang dipakai harus cepat kering dan pelapisannya harus setipis mungkin, Hal ini untuk mengejar target waktu di setiap pos yang maksimal 1 jam.


Khusus mengenai pendempulan ini, bisa tipis karena sebelumnya panel sudah diperbaiki pada pos body repair. Selain itu juga tidak menggunakan amplas basah. Tapi menggunakan amplas kering yang dilengkapi dengan penyedot debu. Tidak kotor dan tidak perlu menunggu lama untuk pengeringan.



Selanjutnya masuk ke tahapan Surfacer atau pelapisan cat dasar. Setelah dilapis cat dasar baru masuk ke tahap Combi Booth atau pengecatan yang dibarengi dengan proses pengeringan menggunakan Oven dalam satu alat khusus. 

Berikutnya adalah tahap Drying atau pengeringan. Bisa dilakukan bersamaan di dalam combi booth atau menggunakan infra red. Cat tidak perlu dikeringkan di luar Spray Booth dengan mengeluarkan mobil, karena sudah menyatu dengan oven-nya. Itulah kenapa disebut Combibooth. Tapi kalau cuaca mendung biasanya menggunakan bantuan sinar infra red untuk mempercepat pengeringan.



Setelah cat benar-benar kering selanjutnya Polishing. Proses penyempurnaan hasil pengecatan ini dilakukan bukan berbahan silikon, tapi ada bahan khusus yang fungsinya menghaluskan permukaan cat yang tidak rata agar lebih terlihat mengkilap. 


Kalau silikon yang digunakan, permukaanya yang kasar hanya tertutup. Setelah dicuci dan lapisan siliconnya hilang pasti akan kusam kembali.

Dan terakhir adalah Re-Assembly atau perakitan kembali part-part yang dilepas. Setelah terpasang sempurna tinggal di antar pada konsumen.

Begitulah sekilas proses di perbaikan Body dan Paint Plaza Body Paint.